Tips Aman dan Nyaman Melakukan Arung Jeram Magelang

arung jeram Magelang
Arung jeram Magelang bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk mengisi liburan bersama keluarga, teman, ataupun rekan kerja. Kegiatan ini memang tergolong sebagai salah satu aktivitas olahraga ekstrim dan berbahaya. Namun, dengan semakin meningkatnya kemajuan teknologi dan peralatan yang digunakan, hal ini lebih memungkinkan bagi siapa saja untuk mengikuti salah satu kegiatan olahraga ini. Arung jeram bukan lagi menjadi salah satu olahraga yang menakutkan justru kini berganti menjadi salah satu pilihan para keluarga untuk menikmati kebersamaan dalam sesuatu yang lebih menantang dan mengasyikkan. Tentu saja, sebelum melakukan aktivitas ini, alangkah baiknya bila kita mengetahui berbagai hal tentang aktivitas olahraga ekstrim ini termasuk bahaya yang mungkin terjadi serta tips aman untuk melakukan arung jeram terutama bagi para pemula.

Salah satu bahaya dan resiko yang mungkin terjadi saat melakukan arung jeram Magelang adalah terjatuh dari perahu sehingga terseret hingga ke bagian undercut dari suatu sungai yang merupakan arus sungai yang drai permukaan terlihat tidak deras namun memiliki pusaran yang sangat deras di bagian bawah dan mengarah semakin ke bawah. Ketika seseorang terjatuh ke bagian undercut maka ia akan langsung tertarik ke bawah sungai. Hal ini bila tidak segera mendapatkan upaya pertolongan, maka resiko kematian akan siap menghadang. Selain itu, bahaya lain yang bisa terjadi saat arung jeram adalah terjadinya banjir secara tiba-tiba. Untuk menghindari resiko dan bahaya ini, sangat diperlukan untuk selalu memperhatikan kondisi dan cuaca sebelum melakukan arung jeram. Kegiatan arung jeram ini bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan mereka yang tidak bisa berenang pun bisa melakukan aktivitas ini. Hanya saja, bagi kamu yang tidak bisa berenang sebaiknya lebih berhati-hati karena perahu bisa saja terbalik secara tiba-tiba. Selain itu, menggunakan pelampung menjadi salah satu perlengkapan wajib terutama bagi kamu yang memang tidak bisa berenang.

Sebelum kamu melakukan aktivitas ekstrim tersebut, kamu sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Kamu sebaiknya pastikan bahwa kondisi badan dalam keadaan yang fit dan sehat. Aktivitas arung jeram membutuhkan stamina dan fokus pikiran yang bagus maka kondisi yang prima dan sehat pastinya sangat diperlukan untuk menjadikan kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, kamu sebaiknya juga memilih sungai yang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang kamu miliki. Bila kamu seorang pemula, kamu sebaiknya tidak memilih sungai dengan tingkat jeram yang tinggi. kamu bisa memilih sungai dengan tingkat jeram yang rendah hingga sedang. Salah satu pilihan untuk arung jeram Magelang adalah di Sungai Elo.

Selain itu, kamu sebaiknya juga meningkatkan informasi tentang sungai yang akan kamu jadikan sebagai lokasi melakukan arung jeram. Dalam hal ini, kamu sebaiknya menghubungi operator penyedia jasa arung jeram terpercaya dan berpengalaman untuk menggali informasi sebanyak mungkin tentang karakteristik sungai ataupun berbagai hal yang berkaitan dengan arung jeram di lokasi tersebut. Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan ketika melakukan aktivitas arung jeram, mengetahui bagaimana kondisi medan pengarungan akan sangat penting untuk dilakukan sehingga kamu bisa lebih berhati-hati dan mengetahui kawasan yang cukup berbahaya. Dalam hal ini, kamu sebaiknya juga memperhatikan bagaimana kondisi cuaca. Meskipun olahraga ekstrim ini bisa dilakukan di semua musim namun hal ini juga sangat tergantung pada karakteristik sungai.

Saat melakukan aktivitas arung jeram, semua anggota rombongan dalam perahu sebaiknya bisa bersikap kompak dan tidak merasa paling tahu ataupun berpengalaman. Mematuhi aturan dan instruksi pemandu juga menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan karena bagaimana pun pemandu akan lebih memahami bagaimana kondisi medan yang sedang diarungi. Dan, pastikan selalu untuk memilih jasa penyedia arung jeram Magelang terpercaya dan kompeten untuk memberikan kenyamanan dan keamanan selama melakukan aktivitas pengarungan.

Share this article :
wisata semarang

Semarang Office
Jl. Menoreh Utara X No.27 Sampangan Gajahmungkur
Base Camp Banjarnegara
Singamerta, Ds. Kutayasa, Kec. Madukara
Base Camp Magelang
Blondo Magelang
Telp/Fax : 024-76920880 / 081327965326 / 081901095344
paket wisata karimunjawa

paket wisata karimunjawa
paket wisata karimunjawa
 
Support : Paradiso Tour | Paket Karimunjawa | karimun jawa
Copyright © 2013. Paket Arung Jeram Sungai Elo & Sungai Serayu - All Rights Reserved
Template by Creating Published by Jimny Nekat
Proudly powered by Arung Jeram Serayu