Home » » Peralatan Arung Jeram

Peralatan Arung Jeram

Peralatan Arung Jeram
Perlengkapan merupakan salah satu prasyarat dalam kegiatan arung jeram. Berbagai macam peralatan dapat digunakan untuk berarung jeram. Beberapa perlengkapan yang di uraikan dibawah ini adalah yang umum di gunakan dalam pengarungan di sungai.
  • Perahu, Digunakan dalam berarung jeram bukan hanya sekedar yang bisa mengembang. Perkembangan jaman sangat cepat. Perahu di tahun 80an keatas sudah dapat mengeluarkan air secara otomatis (Self Bniling), dapat melakukan manuver dengan sangat cepat, sangat kokoh, mempunyai 4 tabung udara yang akan saling mendukung (bila salah satu tabung bocor). Ukuran perahu karet bervariasi dari 8 sampai 30 kaki. Yang biasa digunakan untuk berarung jeram antara 12 sampai 18 kaki tergantung dari sungai yang akan di arungi.
  • Pompa, Sangat penting dan apabila perlu dapat dibawa pada saat pengarungan. Berguna bila tabung-tabung udara tersebut kempis. Jangan mempergukan kompresor untuk memompa perahu karena udara yang di keluarkan oleh kompresor adalah udara panas.
  • Pelampung, Guna dari pelampung adalah untuk mengangkat tubuh ke atas permukaan air yang bergolak. Pelampung harus nyaman dan enak di pakai, pas dibadan tidak melorot ke atas waktu di air. Daya apung pelampung harus sesuai dengan berat badan. Jika daya apung terlalu tinggi badan kita akan mudah tertahan arus balik.
  • Helm, Harus tertutup sampai bagian telinga, ringan mempunyai sirip yang kokoh. Pada bagian dalam terdapat busa yang padat yang dapat dengan cepat mengeluarkan air dari dalam helm. Dianjurkan untuk mengunakan helm berwarna cerah, karena pada waktu berenang di jeram yang muncul keluar adalah bagian kepala.
  • Dayung, Ringan kuat sebaiknya berwarna cerah karena jika terlempar ke air akan mudah terlihat. Ukuran dayung tergantung dari ukuran diameter tabung perahu yang digunakan. Dalam setiap pengarungan sebaiknya kita membawa tabung cadangan karena alat ini paling sering hilang atau patah.
  • Carabiner, Berguna untuk menggantungkan barang-barang, berguna untuk alat rescue dan banyak lagi lainnya. Untuk di sungai sebaiknya terbuat dari alumunium dan bukan jenis screw gate karena pengamannya mudah macet. Sebaiknya setiap orang membawa satu.
  • Peluit, Melakukan komunikasi di jeram sangat sulit, suara jeram sangat keras. Untuk mengatasinya diperlukan peluit dibantu aba-aba dengan tangan atau dayung.
  • P3K, Kemungkinan cedera ringan sampai yang terberat harus kita perhitungkan. Obat-obatan dan perlengkapan yang dibawa harus di sesuaikan dengan medan yang akan diarungi, cuaca pada waktu itu dan lain-lain.
Sumber : Klik di Sini

Share this article :
wisata semarang

Semarang Office
Jl. Menoreh Utara X No.27 Sampangan Gajahmungkur
Base Camp Banjarnegara
Singamerta, Ds. Kutayasa, Kec. Madukara
Base Camp Magelang
Blondo Magelang
Telp/Fax : 024-76920880 / 081327965326 / 081901095344
paket wisata karimunjawa

paket wisata karimunjawa
paket wisata karimunjawa
 
Support : Paradiso Tour | Paket Karimunjawa | karimun jawa
Copyright © 2013. Paket Arung Jeram Sungai Elo & Sungai Serayu - All Rights Reserved
Template by Creating Published by Jimny Nekat
Proudly powered by Arung Jeram Serayu